XENTALA

  • Creative Commons License
  • Categories

  • January 2009
    M T W T F S S
    « May   Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Blog Stats

    • 91,478 hits

Latar Belakang Sejarah Konflik Palestina-Israel di Jalur Gaza

Posted by xentala on January 19, 2009

Sejarah Membuktikan !!!

konflik-di-jalur-gaza

Wewww sampe tulisan yang gw ambil dari chidua.wordpress.com ini gw posting Israel gx berhenti nyerang Palestina.. Udah hampir 2 minggu Israel menggila di jalur gazza…

Okay, back to the theme…!

Konflik Palestina – Israel menurut sejarah sudah 31 tahun ketika pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria dan berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Sampai sekarang perdamaian sepertinya jauh dari harapan. Ditambah lagi terjadi ketidaksepakatan tentang masa depan Palestina dan hubungannya dengan Israel di antara faksi-faksi di Palestina sendiri.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai pengingat sekaligus upaya membuka pemahaman kita mengenai latar belakang sejarah sebab terjadinya konflik ini.

*2000 SM – 1500 SM*
Istri Nabi Ibrahim A.s., Siti Hajar mempunyai anak Nabi Ismail A.s. (bapaknya bangsa Arab) dan Siti Sarah mempunyai anak Nabi Ishak A.s. yang kemudian mempunyai anak Nabi Ya’qub A.s. alias Israel (Israil, Qur’an). Anak keturunannya disebut Bani Israel sebanyak 7 orang 12 orang ##. Salah satunya bernama Nabi Yusuf A.s. yang ketika kecil dibuang oleh saudara-saudaranya yang dengki kepadanya. Nasibnya yang baik membawanya ke tanah Mesir dan kemudian dia menjadi bendahara kerajaan Mesir. Ketika masa paceklik, Nabi Ya’qub A.s. beserta saudara-saudara Yusuf bermigrasi ke Mesir. Populasi anak keturunan Israel (Nabi Ya’qub A.s.) membesar.

*1550 SM – 1200 SM*
Politik di Mesir berubah. Bangsa Israel dianggap sebagai masalah bagi Negara Mesir. Banyak dari bangsa Israel yang lebih pintar dari orang asli Mesir dan menguasai perekonomian. Oleh pemerintah Firaun bangsa Israel diturunkan statusnya menjadi budak.

*1200 SM – 1100 SM*
Nabi Musa A.s. memimpin bangsa Israel meninggalkan Mesir, mengembara di gurun Sinai menuju tanah yang dijanjikan, asalkan mereka taat kepada Allah Swt – dikenal dengan cerita Nabi Musa A.s. membelah laut ketika bersama dengan bangsa Israel dikejar-kejar oleh tentara Mesir menyeberangi Laut Merah.

Namun saat mereka diperintah untuk memasuki tanah Filistin (Palestina), mereka membandel dan berkata:

“Hai, Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi ada orang yang gagah perkasa di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Rabbmu (Tuhanmu), dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja.”

-(QS 5:24)-

Akibatnya mereka dikutuk oleh Allah Swt dan hanya berputar-putar saja di sekitar Palestina. Belakangan agama yang dibawa Nabi Musa A.s. disebut Yahudi – menurut salah satu marga dari bangsa Israel yang paling banyak keturunannya, yakni Yehuda, dan akhirnya bangsa Israil – tanpa memandang warga negara atau tanah airnya – disebut juga orang-orang Yahudi.

## Sulit mengetahui asal-usul penyebutan nama Yahudi, apalagi dinisbatkan kepada Yehuda. Di dalam Perjanjian Lama, kata “Yahudi” baru mulai ditemukan pada kitab Ezra. Sedangkan pada kitab-kitab sebelumnya hanya disebut anak-anak Israel atau Bani Israel. Di dalam Alquran atau Hadits sendiri anak keturunan Nabi Ya’qub disebut Bani Israil, sedangkan penyebutan “Yahudi” lebih sering bermakna golongan yangdimurkai Allah, dien (atau jalan hidup seperti Nasrani, Sabiin, Majusi dan Islam)

*1000 SM – 922 SM*
Nabi Daud A.s. (anak Nabi Musa A.s.) mengalahkan Goliath (Jalut, Qur’an) dari Filistin. Palestina berhasil direbut. Daud kemudian menjadi raja menggantikan Raja Thalut. Wilayah kerajaannya membentang dari tepi sungai Nil hingga sungai Efrat di Iraq. Sekarang ini Yahudi tetap memimpikan kembali kebesaran Israel Raya seperti yang dipimpin raja Daud. Bendera Israel adalah dua garis biru (sungai Nil dan Eufrat) dan Bintang Daud. Kepemimpinan Daud A.s. diteruskan oleh anaknya, Nabi Sulaiman A.s.

*922 SM – 800 SM*
Sepeninggal Sulaiman A.s., Israel dilanda perang saudara yang berlarut-larut, hingga akhirnya kerajaan itu terbelah menjadi dua, yakni bagian Utara bernama Israel beribukota Samaria dan Selatan bernama Yehuda beribukota Yerusalem.

*800 SM – 600 SM*
Karena kerajaan Israel sudah terlalu durhaka kepada Allah Swt maka kerajaan tersebut dihancurkan oleh Allah Swt melalui penyerangan kerajaan Asyiria.

“Sesungguhnya Kami telah mengambil kembali perjanjian dari Bani Israil, dan telah Kami utus kepada mereka rasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yang tidak diingini hawa nafsu mereka, maka sebagian rasul-rasul itu mereka dustakan atau mereka bunuh.”

-(QS 5:70)-

Hal ini juga bisa dibaca di Injil (Bible) pada Kitab Raja-raja ke-1 14:15 dan Kitab Raja-raja ke-2 17:18.

*600 SM – 500 SM*
Kerajaan Yehuda dihancurkan lewat tangan Nebukadnezar dari Babylonia . Dalam Injil Kitab Raja-raja ke-2 23:27 dinyatakan bahwa mereka tidak mempunyai hak lagi atas Yerusalem. Mereka diusir dari Yerusalem dan dipenjara di Babylonia .

*500 SM – 400 SM*
Cyrus Persia meruntuhkan Babylonia dan mengijinkan bangsa Israel kembali ke Yerusalem.

*330 SM – 322 SM*
Israel diduduki Alexander Agung dari Macedonia (Yunani). Ia melakukan hellenisasi terhadap bangsa-bangsa taklukannya. Bahasa Yunani menjadi bahasa resmi Israel. Penulisan Injil dalam bahasa Yunani bukan karena bahasa resmi Israel yang pada saat itu dijajah oleh Romawi. Melainkan penulis dan penyebar Injil, Paulus, memang orang romawi yang berbahasa yunani.

*300 SM – 190 SM*
Yunani dikalahkan Romawi. Maka Palestina pun dikuasai imperium Romawi.

*1 – 100 M*
Nabi Isa A.s. lahir. Nantinya akan ada penghembusan isu bahwa Nabi Isa merupakan pemimpin gerakan melawan penguasa Romawi. Riil-nya Nabi Isa tidak membangun gerakan melawan penguasa Romawi, justru isu tersebut dihembuskan oleh para Rabbi Yahudi yang tidak suka ajaran puritan (kembali ke Taurat asli) yang dibawa oleh Nabi Isa. Pilatus sendiri menyalib Nabi Isa atas desakan para Imam yang cemburu kepada Nabi Isa. Mengapa? karena Pilatus tidak beragama Yahudi sehingga hukuman untuk orang Yahudi haruslah ditentukan oleh orang Yahudi sendiri.

*100 – 300 *
Pemberontakan berulang. Akibatnya Palestina dihancurkan dan dijadikan area bebas Yahudi. Mereka dideportasi keluar Palestina dan terdiaspora ke segala penjuru imperium Romawi. Namun demikian tetap ada sejumlah kecil pemeluk Yahudi yang tetap bertahan di Palestina. Dengan masuknya Islam kemudian, serta dipakainya bahasa Arab di dalam kehidupan sehari-hari, mereka lambat laun terarabisasi atau bahkan masuk Islam.

*313 *
Pusat kerajaan Romawi dipindah ke Konstantinopel dan agama Kristen dijadikan agama negara.

*500 – 600*
Nabi Muhammad Saw lahir di tahun 571 M. Bangsa Yahudi merembes ke semenanjung Arabia (di antaranya di
Khaibar dan sekitar Madinah), kemudian berimigrasi dalam jumlah besar ke daerah tersebut ketika terjadi perang antara Romawi dengan Persia .

*621*
Nabi Muhammad Saw melakukan perjalanan ruhani Isra’ dari masjidil Haram di Makkah ke masjidil Aqsa di Palestina dilanjutkan perjalana Mi’raj ke Sidrathul Muntaha (langit lapis ke-7). Rasulullah menetapkan Yerusalem sebagai kota suci ke-3 ummat Islam, dimana sholat di masjidil Aqsa dinilai 500 kali dibanding sholat di masjid lain selain masjidil Haram di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah. Masjidil Aqsa juga menjadi kiblat umat Islam sebelum dipindah arahnya ke Ka’bah di masjidil Haram, Makkah.

*622*
Hijrah Nabi Muhammad Saw ke Madinah dan pendirian negara Islam – yang selanjutnya disebut khilafah. Nabi mengadakan perjanjian dengan bangsa Yahudi yang menjadi penduduk Madinah dan sekitarnya, yang dikenal dengan “Piagam Madinah”.

*626*
Pengkhianatan Yahudi dalam perang Ahzab (perang parit) dan berarti melanggar Perjanjian Madinah. Sesuai dengan aturan di dalam kitab Taurat mereka sendiri, mereka harus menerima hukuman dibunuh atau diusir.

*638*
Di bawah pemerintahan Khalifah Umar Ibnu Khattab ra. Seluruh Palestina dimerdekakan dari penjajah Romawi. Seterusnya seluruh penduduk Palestina, Muslim maupun Non Muslim, hidup aman di bawah pemerintahan khilafah. Kebebasan beragama dijamin sepenuhnya.

*700 – 1000*
Wilayah Islam meluas dari Asia Tengah, Afrika hingga Spanyol. Di dalamnya, bangsa Yahudi mendapat peluang ekonomi dan intelektual yang sama. Ada beberapa ilmuwan terkenal di dunia Islam yang sesungguhnya adalah orang Yahudi.

*1076*
Yerusalem dikepung oleh tentara salib dari Eropa. Karena pengkhianatan kaum munafik (sekte Drusiah yang mengaku Islam tetapi ajarannya sesat), pada tahun 1099 M tentara salib berhasil menguasai Yerusalem dan mengangkat seorang raja Kristen. Penjajahan ini berlangsung hingga 1187 M sampai Salahuddin Al-Ayyubi membebaskannya dan setelah itu ummat Islam yang terlena sufisme yang sesat bisa dibangkitkan kembali.

*1453*
Setelah melalui proses reunifikasi dan revitalisasi wilayah-wilayah khilafah yang tercerai berai setelah hancurnya Baghdad oleh tentara Mongol (1258 M),khilafah Utsmaniah di bawah Muhammad Fatih menaklukan Konstatinopel, dan mewujudkan nubuwwah Rasulullah.

*1492*
Andalusia sepenuhnya jatuh ke tangan Kristen Spanyol (reconquista) . Karena cemas suatu saat umat Islam bisa bangkit lagi, maka terjadi pembunuhan, pengusiran dan pengkristenan massal. Hal ini tidak cuma diarahkan pada Muslim namun juga pada Yahudi. Mereka lari ke wilayah khilafah Utsmaniyah, diantaranya ke Bosnia. Pada 1992 Raja Juan Carlos dari Spanyol secara resmi meminta maaf kepada pemerintah Israel atas holocaust (pemusnahan etnis) 500 tahun sebelumnya. (Tapi tidak permintaan maaf kepada umat Islam).

*1500 – 1700*
Kebangkitan pemikiran di Eropa, munculnya sekularisme (pemisahan agama/ gereja dengan negara), nasionalisme dan kapitalisme. Mulainya kemajuan teknologi moderen di Eropa. Abad penjelajahan samudera dimulai. Mereka mencari jalur perdagangan alternatif ke India dan Cina, tanpa melalui daerah-daerah Islam. Tapi akhirnya mereka didorong oleh semangat kolonialisme dan imperialisme, yakni Gold, Glory dan Gospel. Gold berarti mencari kekayaan di tanah jajahan, Glory artinya mencari kemasyuran di atas bangsa lain dan Gospel (Injil) artinya menyebarkan agama Kristen ke penjuru dunia.

*1529*
Tentara khilafah berusaha menghentikan arus kolonialisme/ imperialisme serta membalas reconquista langsung ke jantung Eropa dengan mengepung Wina, namun gagal. Tahun 1683 M kepungan diulang, dan gagal lagi. Kegagalan ini terutama karena tentara Islam terlalu yakin pada jumlah dan perlengkapannya.

“… yaitu ketika kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu, maka jumlahyang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dan bercerai-berai.”

-(QS 9:25)-.

*1798*
Napoleon berpendapat bahwa bangsa Yahudi bisa diperalat bagi tujuan-tujuan Perancis di Timur Tengah. Wilayah itu secara resmi masih di bawah Khilafah.

*1831*
Untuk mendukung strategi “devide et impera” Perancis mendukung gerakan nasionalisme Arab, yakni Muhammad Ali di Mesir dan Pasya Basyir di Libanon. Khilafah mulai lemah dirongrong oleh semangat nasionalisme yang menular begitu cepat di tanah Arab.

*1835*
Sekelompok Yahudi membeli tanah di Palestina, dan lalu mendirikan sekolah Yahudi pertama di sana . Sponsornya adalah milyuder Yahudi di Inggris, Sir Moshe Monteveury, anggota Free Masonry. Ini adalah pertama kalinya sekolah berkurikulum asing di wilayah Khilafah.

*1838*
Inggris membuka konsulat di Yerusalem yang merupakan perwakilan Eropa pertama di Palestina.

*1849*
Kampanye mendorong imigrasi orang Yahudi ke Palestina. Pada masa itu jumlah Yahudi di Palestina baru sekitar 12.000 orang. Pada tahun 1948 jumlahnya menjadi 716.700 dan pada tahun 1964 sudah hampir 3 juta orang.

*1882*
Imigrasi besar-besaran orang Yahudi ke Palestina yang berselubung agama, simpati dan kemanusiaan bagi penderitaan Yahudi di Eropa saat itu.

*1891*
Para penduduk Palestina mengirim petisi ke Khalifah, menuntut dilarangnya imigrasi besar-besaran ras Yahudi ke Palestina. Sayang saat itu khilafah sudah “sakit-sakitan” (dijuluki “the sick man at Bosporus ). Dekadensi pemikiran meluas, walau Sultan Abdul Hamid sempat membuat terobosan dengan memodernisir infrastruktur, termasuk memasang jalur kereta api dari Damaskus ke Madinah via Palestina! Sayang, sebelum selesai, Sultan Abdul Hamid dipecat oleh Syaikhul Islam (Hakim Agung) yang telah dipegaruhi oleh Inggris. Perang Dunia I meletus, dan jalur kereta tersebut dihancurkan.

*1897*
Theodore Herzl menggelar kongres Zionis sedunia di Basel Swiss. Peserta kongres I Zionis mengeluarkan resolusi, bahwa umat Yahudi tidaklah sekedar umat beragama, namun adalah bangsa dengan tekad bulat untuk hidup secara berbangsa dan bernegara. Dalam resolusi itu, kaum zionis menuntut tanah air bagi umat Yahudi – walaupun secara rahasia – pada “tanah yang bersejarah bagi mereka”. Sebelumnya Inggris hampir menjanjikan tanah protektorat Uganda atau di Amerika Latin ! Di kongres itu, Herzl menyebut, Zionisme adalah jawaban bagi “diskriminasi dan penindasan” atas umat Yahudi yang telah berlangsung ratusan tahun. Pergerakan ini mengenang kembali bahwa nasib umat Yahudi hanya bisa diselesaikan di tangan umat Yahudi sendiri. Di depan kongres, Herzl berkata, “Dalam 50 tahun akan ada negara Yahudi !” Apa yang direncanakan Herzl menjadi kenyataan pada tahun 1948.

*1916*
Perjanjian rahasia Sykes – Picot oleh sekutu (Inggris, Perancis, Rusia) dibuat saat meletusnya Perang Dunia (PD) I, untuk mencengkeram wilayah-wilayah Arab dan Khalifah Utsmaniyah dan membagi-bagi di antara mereka. PD I berakhir dengan kemenangan sekutu, Inggris mendapat control atas Palestina. Di PD I ini, Yahudi Jerman berkomplot dengan Sekutu untuk tujuan mereka sendiri (memiliki pengaruh atau kekuasaan yang lebih besar).

*1917*
Menlu Inggris keturunan Yahudi, Arthur James Balfour, dalam deklarasi Balfour memberitahu pemimpin Zionis Inggris, Lord Rothschild, bahwa Inggris akan memperkokoh pemukiman Yahudi di Palestina dalam membantu pembentukan tanah air Yahudi. Lima tahun kemudian Liga Bangsa-bangsa (cikal bakal PBB) memberi mandat kepada Inggris untuk menguasai Palestina.

*1938*
Nazi Jerman menganggap bahwa pengkhianatan Yahudi Jerman adalah biang keladi kekalahan mereka pada PD I yang telah menghancurkan ekonomi Jerman. Maka mereka perlu “penyelesaian terakhir” (endivsung). Ratusan ribu keturunan Yahudi dikirim ke kamp konsentrasi atau lari ke luar negeri (terutama ke AS). Sebenarnya ada etnis lain serta kaum intelektual yang berbeda politik dengan Nazi yang bernasib sama, namun setelah PD II Yahudi lebih berhasil menjual ceritanya karena menguasai banyak surat kabar atau kantor-kantor berita di dunia.

*1944*
Partai buruh Inggris yang sedang berkuasa secara terbuka memaparkan politik “membiarkan orang-orang Yahudi terus masuk ke Palestina, jika mereka ingin jadi mayoritas. Masuknya mereka akan mendorong keluarnya pribumi Arab dari sana .” Kondisi Palestina pun memanas.

*1947*
PBB merekomendasikan pemecahan Palestina menjadi dua negara: Arab dan Israel .

*1948, 14 Mei*.
Sehari sebelum habisnya perwalian Inggris di Palestina, para pemukim Yahudi memproklamirkan kemerdekaan negara Israel . Mereka melakukan agresi bersenjata terhadap rakyat Palestina yang masih lemah,
hingga jutaan dari mereka terpaksa mengungsi ke Libanon, Yordania , Syria , Mesir dan lain-lain. Palestina Refugees menjadi tema dunia. Namun mereka menolak eksistensi Palestina dan menganggap mereka telah memajukan areal yang semula kosong dan terbelakang. Timbullah perang antara Israel dan negara-negara Arab tetangganya. Namun karena para pemimpin Arab sebenarnya ada di bawah pengaruh Inggris – lihat Imperialisme Perancis dan Inggris di tanah Arab sejak tahun 1798 – maka Israel mudah merebut daerah Arab Palestina yang telah ditetapkan PBB.

*1948, 2 Desember*
Protes keras Liga Arab atas tindakan AS dan sekutunya berupa dorongan dan fasilitas yang mereka berikan bagi imigrasi zionis ke Palestina. Pada waktu itu, Ikhwanul Muslimin (IM) di bawah Hasan Al-Banna mengirim 10.000 mujahidin untuk berjihad melawan Israel . Usaha ini kandas bukan karena mereka dikalahkan Israel, namun karena Raja Farouk yang korup dari Mesir takut bahwa di dalam negeri IM bisa melakukan kudeta, akibatnya tokoh-tokoh IM dipenjara atau dihukum mati.

*1956, 29 Oktober*
Israel dibantu Inggris dan Perancis menyerang Sinai untuk menguasai terusan Suez . Pada kurun waktu ini, militer di Yordania menawarkan baiat ke Hizbut Tahri (salah satu harakah Islam) untuk mendirikan kembali Khilafah. Namun Hizbut Tahrir menolak, karena melihat rakyat belum siap.

*1964*
Para pemimpin Arab membentuk PLO (Palestine Liberation Organization) . Dengan ini secara resmi, nasib Palestina diserahkan ke pundak bangsa Arab-Palestina sendiri, dan tidak lagi urusan umat Islam. Masalah Palestina direduksi menjadi persoalan nasional bangsa Palestina.

*1967*
Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria selama 6 hari dengan dalih pencegahan, Israel berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Israel dengan mudah menghancurkan angkatan udara musuhnya karena dibantu informasi dari CIA (Central Intelligence Agency = Badan Intelijen Pusat milik USA ). Sementara itu angkatan udara Mesir ragu membalas serangan Israel, karena Menteri Pertahanan Mesir ikut terbang dan memerintahkan untuk tidak melakukan tembakan selama dia ada di udara.

*1967, Nopember*
Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi Nomor 242, untuk perintah penarikan mundur Israel dari wilayah yang direbutnya dalam perang 6 hari, pengakuan semua negara di kawasan itu, dan penyelesaian secara adil masalah pengungsi Palestina.

*1969*
Yasser Arafat dari faksi Al-Fatah terpilih sebagai ketua Komite Eksekutif PLO dengan markas di Yordania.

*1970*
Berbagai pembajakan pesawat sebagai publikasi perjuangan rakyat Palestina membuat PLO dikecam oleh opini dunia, dan Yordania pun dikucilkan. Karena ekonomi Yordania sangat tergantung dari AS, maka akhirnya Raja Husein mengusir markas PLO dari Yordania. Dan akhirnya PLO pindah ke Libanon.

*1973, 6 Oktober*
Mesir dan Syria menyerang pasukan Israel di Sinai dan dataran tinggi Golan pada hari puasanya Yahudi Yom Kippur. Pertempuran ini dikenal dengan Perang Oktober. Mesir dan Syria hampir menang, kalau Israel tidak tiba-tiba dibantu oleh AS. Presiden Mesir Anwar Sadat terpaksa berkompromi, karena dia Cuma siap untuk melawan Israel , namun tidak siap berhadapan dengan AS. Arab membalas kekalahan itu dengan menutup keran minyak. Akibatnya harga minyak melonjak pesat.

*1973, 22 Oktober*
Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi Nomor 338, untuk gencatan senjata, pelaksanaan resolusi Nomor 242 dan perundingan damai di Timur Tengah.

*1977*
Pertimbangan ekonomi (perang telah memboroskan kas negara) membuat Anwar Sadat pergi ke Israel tanpa konsultasi dengan Liga Arab. Ia menawarkan perdamaian, jika Israel mengembalikan seluruh Sinai. Negara-negara Arab merasa dikhianati. Karena langkah politiknya ini, belakangan Anwar Sadat dibunuh pada tahun 1982.

*1978, September*
Mesir dan Israel menandatangani perjanjian Camp David yang diprakarsai AS. Perjanjian itu menjanjikan otonomi terbatas kepada rakyat Palestina di wilayah-wilayah pendudukan Israel . Sadat dan PM Israel Menachem Begin dianugerahi Nobel Perdamaian 1979. namun Israel tetap menolak perundingan dengan PLO dan PLO menolak otonomi. Belakangan, otonomi versi Camp David ini tidak pernah diwujudkan, demikian juga otonomi versi lainnya. Dan AS sebagai pemrakarsanya juga tidak merasa wajib memberi sanksi, bahkan selalu memveto resolusi PBB yang tidak menguntungkan pihak Israel .

*1980*
Israel secara sepihak menyatakan bahwa mulai musim panas 1980 kota Yerussalem yang didudukinya itu resmi sebagai ibukota.

*1982*
Israel menyerang Libanon dan membantai ratusan pengungsi Palestina di Sabra dan Shatila. Pelanggaran terhadap batas-batas internasional ini tidak berhasil dibawa ke forum PBB karena – lagi-lagi – veto dari AS. Belakangan Israel juga dengan enaknya melakukan serangkaian pemboman atas instalasi militer dan sipil di Iraq, Libya, dan Tunis .

*1987*
Intifadhah, perlawanan dengan batu oleh orang-orang Palestina yang tinggal di daerah pendudukan terhadap tentara Israel mulai meledak. Intifadhah ini diprakarsai oleh HAMAS, suatu harakah Islam yang memulai aktivitasnya dengan pendidikan dan sosial.

*1988, 15 Nopember*
Diumumkan berdirinya negara Palestina di Aljiria, ibu kota.Aljazair. Dengan bentuk negara Republik Parlementer. Ditetapkan bahwa Yerussalem Timur sebagai ibukota negara dengan Presiden pertamanya adalah Yasser Arafat. Setelah Yasser Arafat mangkat kursi presiden diduduki oleh Mahmud Abbas. Dewan Nasional Palestina, yang identik dengan Parlemen Palestina beranggotakan 500 orang.

*1988, Desember*
AS membenarkan pembukaan dialog dengan PLO setelah Arafat secara tidak langsung mengakui eksistensi Israel dengan menuntut realisasi resolusi PBB Nomor 242 pada waktu memproklamirkan Republik Palestina di pengasingan di Tunis.

*1991, Maret*
Yasser Arafat menikahi Suha, seorang wanita Kristen. Sebelumnya Arafat selalu mengatakan “menikah dengan revolusi Palestina”.

*1993, September*
PLO – Israel saling mengakui eksistensi masing-masing dan Israel berjanji memberikan hak otonomi kepada PLO di daerah pendudukan. Motto Israel adalah “land for peace” (tanah untuk perdamaian). Pengakuan itu
dikecam keras oleh pihak ultra-kanan Israel maupun kelompok di Palestina yang tidak setuju. Namun negara negara Arab ( Saudi Arabia , Mesir, Emirat dan Yordania) menyambut baik perjanjian itu. Mufti Mesir dan Saudi mengeluarkan “fatwa” untuk mendukung perdamaian.

Setelah kekuasaan di daerah pendudukan dialihkan ke PLO, maka sesuai perjanjian dengan Israel , PLO harus mengatasi segala aksi-aksi anti Israel. Dengan ini maka sebenarnya PLO dijadikan perpanjangan tangan Yahudi.

Yasser Arafat, Yitzak Rabin dan Shimon Peres mendapat Nobel Perdamaian atas usahanya tersebut.

*1995*
Rabin dibunuh oleh Yigar Amir, seorang Yahudi fanatik. Sebelumnya, di Hebron, seorang Yahudi fanatik membantai puluhan Muslim yang sedang shalat subuh. Hampir tiap orang dewasa di Israel, laki-laki maupun wanita, pernah mendapat latihan dan melakukan wajib militer. Gerakan Palestina yang menuntut kemerdekaan total menteror ke tengah masyarakat Israel dengan bom “bunuh diri”. Targetnya, menggagalkan usaha perdamaian yang tidak adil itu. Sebenarnya “land for peace” diartikan Israel sebagai “ Israel dapat tanah, dan Arab Palestina tidak diganggu (bisa hidup damai).”

*1996*
Pemilu di Israel dimenangkan secara tipis oleh Netanyahu dari partai kanan, yang berarti kemenangan Yahudi yang anti perdamaian. Netanyahu mengulur-ulur waktu pelaksanaan perjanjian perdamaian. Ia menolak adanya negara Palestina, agar Palestina tetap sekedar daerah otonom di dalam Israel . Ia bahkan ingin menunggu/menciptaka n kontelasi baru (pemukiman Yahudi di daerah pendudukan, bila perlu perluasan hingga ke Syria dan Yordania) untuk sama sekali membuat perjanjian baru.

AS tidak senang bahwa Israel jalan sendiri di luar garis yang ditetapkannya. Namun karena lobby Yahudi di AS terlalu kuat, maka Bill Clinton harus memakai agen-agennya di negara-negara Arab untuk “mengingatkan” si “anak emasnya” ini. Maka sikap negara-negara Arab tiba-tiba kembali memusuhi Israel . Mufti Mesir malah kini memfatwakan jihad terhadap Israel .

Sementara itu Uni Eropa (terutama Inggris dan Perancis) juga mencoba “aktif” menjadi penengah, yang sebenarnya juga hanya untuk kepentingan masing-masing dalam rangka menanamkan pengaruhnya di wilayah itu. Mereka juga tidak rela kalau AS “jalan sendiri” tanpa bicara dengan Eropa.

*2002 – Sampai sekarang*
Sebuah usul perdamaian saat ini adalah Peta menuju perdamaian yang diajukan oleh Empat Serangkai Uni Eropa, Rusia, PBB dan Amerika Serikat pada 17 September 2002 . Israel juga telah menerima peta itu namun dengan 14 “reservasi”. Pada saat ini Israel sedang menerapkan sebuah rencana pemisahan diri yang kontroversial yang diajukan oleh Perdana Menteri Ariel Sharon. Menurut rencana yang diajukan kepada AS, Israel menyatakan bahwa ia akan menyingkirkan seluruh “kehadiran sipil dan militer yang permanen” di Jalur Gaza (yaitu 21 pemukiman Yahudi di sana, dan 4 pemumikan di Tepi Barat), namun akan “mengawasi dan mengawal kantong-kantong eksternal di darat, akan mempertahankan kontrol eksklusif di wilayah udara Gaza, dan akan terus melakukan kegiatan militer di wilayah laut dari Jalur Gaza.

Pemerintah Israel berpendapat bahwa “akibatnya, tidak akan ada dasar untuk mengklaim bahwa Jalur Gaza adalah wilayah pendudukan,” sementara yang lainnya berpendapat bahwa, apabila pemisahan diri itu terjadi, akibat satu-satunya ialah bahwa Israel “akan diizinkan untuk menyelesaikan tembok – artinya, Penghalang Tepi Barat Israel – dan mempertahankan situasi di Tepi Barat seperti adanya sekarang ini.

Di hari kemenangan Partai Kadima pada pemilu tanggal 28 Maret 2006 di Israel, Ehud Olmert – yang kemudian diangkat sebagai Perdana Menteri Israel menggantikan Ariel Sharon yang berhalangan tetap karena sakit – berpidato. Dalam pidato kemenangan partainya, Olmert berjanji untuk menjadikan Israel negara yang adil, kuat, damai, dan makmur, menghargai hak-hak kaum minoritas, mementingkan pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta terutama sekali berjuang untuk mencapai perdamaian yang kekal dan pasti dengan
bangsa Palestina. Olmert menyatakan bahwa sebagaimana Israel bersedia berkompromi untuk perdamaian, ia mengharapkan bangsa Palestina pun harus fleksibel dengan posisi mereka. Ia menyatakan bahwa bila Otoritas Palestina, yang kini dipimpin Hamas, menolak mengakui Negara Israel, maka Israel “akan menentukan nasibnya di tangannya sendiri” dan secara langsung menyiratkan aksi sepihak. Masa depan pemerintahan koalisi ini sebagian besar tergantung pada niat baik partai-partai lain untuk bekerja sama dengan perdana menteri yang baru terpilih.

Sementara itu sebelum terjadinya serangan habis-habisan Israel ke Gaza (27/12/2008), sudah terjadi serangan-serangan kecil di antara kedua belah pihak di sekitar Jalur Gaza, disebabkan Israel menutup tempat-tempat penyeberangan atau jalur komersial ke Gaza sehingga pasokan bahan baker minyak terhenti, yang memaksa satu-satunya pusat pembangkit listrik di Jalur Gaza tutup.

Sumber: milis FUSI-FTUI

<<Back

89 Responses to “Latar Belakang Sejarah Konflik Palestina-Israel di Jalur Gaza”

  1. rotyyu said

    Kalau membaca semua isi artikel ini, sebenarnya pertikaian di Timur Tengah bukan lagi karena Jerusalem adalah tempat suci agama besar di dunia melainkan sudah berubah menjadi konflik politik dan ekonomi.

  2. xentala said

    see…
    israel emang ngincer bgt yg namanya jalur gaza..
    tempat tersebut emang cukup berharga bagi mereka…
    klo di pelajaran tata-negara. mereka tuh sedang melakukan pendudukan lahan kosong… atau lebih ekstrim pencaplokan wilayah… politik emang egois… cuma berrpatok pada 1 aspek.., yaitu aspek pribadi..

  3. mobinessia said

    Thx.. referensi spt ini sangat mencerdaskan..

  4. iqbal said

    penjelasan tadi cukup jelas. dan ternyata saya bisa berfikir dengan terbuka dalam menyikapi agresi zionis pada saudara-saudara di palestina. dan saya nyatakan mengutuk serangan tersebut.

  5. mario said

    saya rasa penjelasan ini cukup membuat hati kita panas/marah sebab israel hanya mementingkan dirinya sendiri tidak melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari.

  6. xentala said

    ya mas betul… dunia dan kondisi skarang ini membuat semua kontent di dalamnya menjadi panas… kepuasan sering trlampiaskan diatas mereka yang tak pantas mendapatkannya..

  7. amel said

    keren deh artikelnya,makasih ya

  8. xentala said

    sama2 mel… smoga berguna yah..

  9. opie said

    artikelnya bagus ,sangat membantu .dgn ini jd lebih paham

  10. xentala said

    thanks mba opie… smoga berrguna dan menambah pengetahuan mba tentang konflik yg terjadi di jalur gaza

  11. herbaqu said

    mau sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk selamanya?
    lihat nih http://www.herbaqu.wordpress.com

  12. boy said

    israel menyebalkan

  13. xentala said

    hehehehehe… no comment

  14. Hafid Algristian said

    mas, mba di xentala… ijin copas postingannya, yah… terimakasih ;)

    oiya, sekaligus saya ngelink xentala blogroll saya. trims ;)

    … .
    http://algristian.wordpress.com

  15. [...] Latar Belakang Sejarah Konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza 6 02 2009 Original post on Xentala [...]

  16. xentala said

    yuk mas……
    smoga bsa berguna yah…..
    kami jga akan pasang link anda di blogroll kami.
    best regard,

    xentala

  17. ricky said

    salam kenal ya bro.. dari http://www.my-situs.co.cc

  18. Anonymous said

    asu gabeh…

  19. nax_caem said

    sumph…angl bgd iewk…q la’ eti……….

  20. fcuk said

    gak lengkap banget sih nih info !!!
    payah !!!

    aq nyari tugas jd susah

  21. Mr. Vb said

    hehehe, maaf ya mas,,, tapi ngomong-ngomong gx lengkap gmana?
    yang sabar yah kalo nyari, nti jga ketemu,, kita kan gx tau artikel macam apa yang lagi mas cari,,, cari di google mas, insya Allah ketemu.

  22. ahmed ali hussaen said

    memang israel cocok ya di hancurkan saja kalau perlu di bumi haggus kan saja dari dunia ini,biar mereka tau bahwa sungguh kejam perbuatan mereka ayo HANCURKAN ISRAEL

  23. suhe said

    kurang lengkap sih… tapi bisa aku pake kan ya buat materi presentasi besok???

    n makasi udah share info penting gini.

    btw… ada hubungannya gak ya yahudi ama pengungsi knight templar dari yerusalem? coz kalo ditarik dari garis keturunan. mereka juga keturunan yahudi yang dulu pernah jadi guide untuk para peziarah di yerusalem. tolong di cari tahu and kalo bisa dibahas juga. coz ref yang aku punya cuma sedikit.

    spasiba balshoi…

  24. Keren Absz Artikelnya….

    Ada yg lbh lengkap lagi ga artikelnya???

  25. BaMz said

    lumayan lngkap ko!!

  26. doni yudha i said

    ISRAEL SUDAH DITAKDIRKAN UTK JADI TUAN TANAH.

  27. mang asep said

    oh, jadi gini sejarahnya. Kenapa banayak orang yang belum tau yah –> (atau cuman saya saja yah)

  28. Anonymous said

    kebanyakan orang-orang hebat seperti einstein, max webber adalah orang yahudi.

    tapi,,

  29. Anonymous said

    aku benci yahudi

  30. ojen said

    Terima kasih buat infonya yah,…

    Israel hanya mempertahankan tanah yg diberikan Tuhan,..

    Pro,kontra,kutuk, kecam, support tidak akan membuat suatu perubahan
    karena
    semuanya hanyalah sebuah penggenapan dari nubuatan yang telah ditetapkan Tuhan,..

    God bless everyone,..

  31. Anonymous said

    destroyed izrael…………………..
    yes

  32. sierra Anti Israel said

    pada dasarnya israel memang kaum laknat,keparat dan terkutuk…kelebihan yg dimiliki bangsa israel sbnrnya adalah sebuah kutukan yg membuat bangsa israel lebih hina bahkan dibandingkan kotoran anjing sekalipun…

  33. liex said

    fuck israel

  34. darwin said

    saudara-saudara setanah air, dari pada kita berselisih paham tentang masalah ini. lebih baik kita merubah bangsa kita yang mau hancur ini karna bangsa ini butuh pemuda-pemudi yang cinta kepada INDONESIA…. MERDEKA!!!!!!

  35. anna said

    i hate yahudi

  36. novia said

    hate full for israel

  37. pikek suryani said

    Allahu Akbar, Allahu Akbar,,
    Ttap brpegang djlan Allah,
    Insya Allah, Allah sllu mnlong hmba2-Nya
    yg ingat kpda-Nya..

    Israel TERKUTUK…!!!

  38. Anonymous said

    gak ada yang benar kalian semua. hanya ALLAH BAPA Di Surga yang benar

  39. shizuka said

    I was very surprised with the view of the world.
    Did they not see the crimes committed by Jews against Palestinians.
    they want to close your eyes and ears.
    they should punish the wrong and defend the weak

  40. sipOet said

    bAyangan’Ny cUkup jElas,..”
    sMua mMg pEnuh dGn sElisih pAham,.. tApi g Ap”,.. tAk bIsa diAtu biAr sAng kUasa (Allah) yG mNgatur,.
    isrAel isrAel-pAlestina pAlestina.. mAri kiTa bAngun sAja diri kiTa, Agar lEbih bAik, lEbih kUat, lEbih kUat, lEbih Agung dr pd bEsar’Ny 1 Negara,..

  41. poscha said

    i like it. thank’s yah.

  42. Daya . M said

    Rudal Iran bisa sampai ke Tel aviv,Israel sekarang ketakutan.

  43. abdul mugni said

    kita hurus bantu plestina untuk membebaskan masjidil aq’so kota suci ke-3

  44. abdul mugni said

    emang benar yahudi itu adlah bangsa terkutuk,semoga Alloh swt mengirim kan pasukan surga nya untuk membantu gaza merebut masjidil aq’so kembali aminnnnn!!!

  45. Artikel ini menambah kelengkapan tugas saya.. makasih

  46. Juli KeyZ said

    Semua ini,telah tercatat di dlm Lauh Mahfudz..

  47. Ahmed AL Mauki said

    saya ga paham,ini masalah agama atau politik ? kebetulan yg di palestin itu muslim,coba yg di palestin itu kristen ,lain lagi ceritanya. Bumi ini bukan hanya untuk orang islam saja / orang kristen saja / orang yahudi saja,

  48. 06121971 said

    yaaa alloh sampai kapan saudaraku di palestina ini engkau buat menderita

  49. H saputra said

    Izin copaz ya mas..

  50. Desih said

    Yang nulis artikel diatas kok pake nyomot isi aklitab dari yang katanya sudah tidak asli lagi, lebih parahnya salah lagi isi dari Alkita tersebut. Hedeeeeeew

  51. ika said

    ohhhh….ini smua berawal dr sejarah yg panjang…..!
    tp sdikit intermezzo utk @Desih….jgn gampng m’hakimi salah ato tidaknya sesuatu itu,better km say thx kna gue ykin artikel ini berguna bngt utk nmbah pemahamn ttg konflik di timur tengah

  52. Anonymous said

    mksih, aq mw presentasi ttg ini lho :)

  53. Anonymous said

    sippppp,,mksh brooo,,,

  54. Anonymous said

    siipp thank broo,,,

  55. Anonymous said

    thanks,,,, sekarang aq paham

  56. siti arafah "ummu izul" said

    Like this,,, thanks

  57. siti arafah "ummu izul" said

    Like this artikel,,, thanks

  58. cantika said

    YA ELAH YANG MERASA KEBERATAN SAMA ARTIKETL INI MAH BIASA AJA KALI DI SHARE AJA BAIK2 KALO ADA YANG SALAH YA DIDISCUS LAGI….. INTI NYA ADALAH KESERAKAAHAN YANG PASTI SERAKAH ITU GA ADA BAIKNYA…. DOAKAN AJA KITA BISA HDP BERDAMPINGAN DENGAN BAIK DENGAN SMUA NEGARA DAN SMUA AGAMA…. HIDUP PERDAMAIAN DUNIA…… MERDEKAAAA…

  59. [...] Original post on Xentala [...]

  60. eddy said

    kalo berdasar nubuat Tuhan ,berarti bangsa kurdi di turki n iraq n bangsa “lain boleh dong buat negara dewe.!
    kalo masalah agama sih…?wong penduduk palestina banyak yg nasrani.
    bangsa yahudi baru takut n ngeri sm muslim dikala ..”orang yg pergi sholat subuh sebanyak orang yg sholat jum’at”
    ini yg ngomong rabinya dewe pas perang arab israel 1967!
    silahkan pikir sendiri apa maksudnya.!

  61. mikhael said

    org2 yg tdk mengerti agama atau baru mengerti sediki agama akn menjadi propokator sperti yg mmbuat artikel ini atau org yg komen/dukung artikel ini dgn kata2 makian dn hinaan. mari introfeksi diri apakh km sdh trmasuk se org yg baik?????

  62. hassan shine love said

    panjang sekali sejarahnya…
    Pda dsarnya Tak ada satupun agama yg mengajarkan tentang penindasan hnya mereka yg tak mempunyai hati nuranilh yg membenarkannya,apapun yg mereka perbuat kelak mereka akan mendpat ganjaran dari Tuhan semesta alam,semoga perdamaian akan tercipta di negri para Anbiya Palestina dan seluruh antero dunia..
    Amien…
    Safe for palestine.

  63. abel said

    aku benci yahudi ! gak punya prikemanusiaan, Tuhan saja baik, kenapa kita tidak mencontoh Tuhan , walaupun kita sadar gak bisa sebaik dia

  64. bang topik said

    sebenarnya,kalo kita mau jujur sendiri ! kita yang mengaku islam tapi tingkah laku,pikiran,wawasan dan juga gaya hidup mirip/persis kaum yahudi/israil…………….klo kita kutuk israil berarti mengutuk diri kita sendiri bagi yg mengaku islam tapi tidak menjalankan perintah/larangan Allah. contoh;kaum yahudi selalu membuat uu/perjanjian tapi dia sendiri yg melanggar.(di negara kita banyak).selalu membuat onar/tidak tentram (dinegara kita banyak kasus ini).sering memutar balikan fakta……………………oh.malu-malu (kita mengutuk malah terkutuk,sebab tidak mau intropeksi diri

  65. dogy said

    mas………MAS……… yang menjadi -pemicu perang saat ini kan bukan krn itu semua mas……… Israel sudah mempersilahkan Gaza hidup damai dan tenteram,,,,,,,, tapi HAMAS-NYA ini lho yg bikin ulah terus…. Israel lg tidur… dilemparin roket… yo marah lah mas….. piye to……

  66. rizal said

    klo menurut saya semua itu adalah hasil dari pada siasat iblis atau pun syeitan, yang ingin menghancurkan semua keturunan dari nabi adam.

  67. ari said

    imam mahdi akan segera kluar untuk mnumpas zionis? dan akan mnetapkan kilafah islam

  68. sexy dancer said

    Haduh semua pada hujat menghujat, saling menyalahkan.
    Tu semua udah kutukan perang keluarga 1keturunan, ngapain di campurin cukup bantu doa aja
    Enjoy aja brow…

  69. indigo_file said

    Lebih baik intropeksi diri,
    Jernihkan fikiran mu
    Tenangkan hatimu
    Hati2 dengan mulutmu karna ada yang bilang lidah tak bertulang & tajamnya melebihi silet hahahaaaaaaaaa

  70. anonymous said

    israel memang sedari dulu sudah menjadi negara yg kuat dengan penduduk yg berotak einstein yaitu pintar, cerdas. jadi susah tuk melwan.
    dan sudah kodrat negara2 tersebut seperti yaitu perang untuk seluruh keturunannya….
    dan buat artikel tidak boleh menyalahi buku suci lain

    thx.

  71. Rudi said

    Intinya sudah akhir zaman…

    mongo podo tobat..

  72. berguna sekali ni artikelnya,jadi bisa memahami lebih dalam sebab konflik di jalur gaza

  73. erviana said

    akhirnya saya mengerti latar belakang israel menyerang palestina.
    terima kasih.
    nice info.
    ijin share ya..

  74. Anonymous said

    Thn 1492 sblm Andalusia jatuh k tangan Kristen spanyol jg mesti diceritain kl sblmnya Muslin jg menduduki Andalusia dan memaksa penduduknya mjd muallaf dg ancaman hukuman mati apabila menolak. Jd biar objektif.. krn yg ak baca dr sumber lain mmg seperti itu. Hingga akhinya Spanyol menyerang dan menduduki Andalusia dan berlaku hal yg sama sbg pembalasan. :)

  75. dhy said

    Thn 1492 kurang lengkap mas, sblm kristen menduduki Andalusia, muslim terlebih dl menyerang dan membuat penduduknya berpindah keyakinan mjd islam dg paksaan hukuman mati bg yg menolak. Bgitu yg sy baca dr sumber lain. Hingga akhirnya spanyol menyerang dan berbuat hal yg sama.

  76. Anonymous said

    albert einstein IQ nya 160 Tuh. . .
    Leonardo da vinci IQ nya 220 berkebangsaan italia. .

  77. Andhy said

    Artikelnya bgus dan dan sy skrng faham knp israel dan palestina itu musuhan -_- di tunggu artikel berikutnya (y)

  78. pupuk urea said

    panjanbg bingit min. tapi thanks, rinciannya,

  79. mksih rinciannya

  80. N/A said

    Ya bgtulah yahudi licik… awal mula mereka mengemis2 atas dasar kemanusiaan tp ujung2nya mereka sendiri yg tak berperikemanusiaan….
    Tak salah mengapa Hitler memborbadir yahudi pd waktu itu….
    Nah sekarang klo mo lihat yahudi lihatlah amerika… di situ lah sebenarnya markas yahudi sekarang

  81. guzt said

    Klo israel-palestina damai, itu sudah jd tanda2 kiamat..
    Sudahb tertera di al-quran..
    MasyaAllah..

  82. fharied90 said

    Makasih ya artikelnya bagus… dari sini kita tau dalang dari semuanya adalah yahudi as laknatuLLAH…

  83. slametb@ yahoo.com said

    teruslah berperang lanjutkan keiginan hati yg tdkkan pernah merasa puas… karna bila terjadi damai maka kiamat akan datang.

  84. Syaf Rizal said

    ohh gitu, trnyta perang palestin vs israel sdh dari jaman sebelum masehi :’(

  85. roni romansyah said

    Sangat di sayangkan, negara negara arab hanya berdiam diri saja!!

  86. Anonymous said

    aku pernah dengar
    kalau semua negara akan bekerja sama untuk menghancurkan isrel
    dan tu terdapat di kandungan surat alquran
    jadi kita tggu aja saat2 tu
    allah gak akn tidur ko

  87. Anonymous said

    Allah tidak pernah tidur, Allah maha tau apa yg terjadi. Allah pst menjaga dan melindungi umat nya.
    #pray for gaza

  88. Siti said

    kalau mau tau cerita yang sebenarnya tentang israel dan palestina di gasa itu kisah nya ada dalam buku alkitab orang kristen disitu akan diceritankan mulai dari bangsa israel keluar dari tanah mesir menuju ketanah kananaan atau tanah perjanjian…..

  89. iL cHristo said

    Sorry yah kalau gw bnyak coment

    Tapi kalian musti ingat !
    Israel itu tidak perna takut untuk siapapun ..

    Mereka aja bukan anggota PBB
    Mereka juga tidak menpunyai PRESiDEN
    hanya ( PM ) perdana mentri
    Dan mereka juga menolak gajatan senjata yang di minta oleh PBB dan amerika serikat

    Bangsa yahudi hanya ingin masuk ke tanah kanaan yang telaah di janjikan TUHAN kepada mereka ,,
    Buka di alkibat perjanjian lama
    Yaitu kitab
    Bilangan pasal 34 ayat 1 sampai ayatnya yang terakhir
    Batas batas tanah kanaan persis berada di jalur GAZA !!

    Jadi tidak ada 1 negara pun yang dapat menghentikan israel masuk ke tanah kanaan
    Walau pun itu amerika , rusia , inggris , jerman ,,
    Bahkan PBB sekalipun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: