XENTALA

  • Creative Commons License
  • Categories

  • February 2009
    M T W T F S S
    « Jan   May »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
  • Blog Stats

    • 116,888 hits

Tujuh Mahasiswa Yarsi Hilang di Gunung Salak

Posted by xentala on February 3, 2009

Apa Yang Sebenarnya Terjadi di Sana ???

nak-yarsih

Awal Kejadian yang membuat gempar hampir seluruh orang di Jakarta dan sekitarnya adalah ketika salah satu dari pendaki yangbernama trias mengirimkan sebuah pesan singkat / sms kepada rekannya di Jakarta. Pesan tersebut kurang lebih berbunyi :

“Gw di puncak Salak. Alas kaki temen2 rusak parah. Makanan terbatas. Gw sendirian yang bisa nyampe puncak. Tolong kirim tim SAR Tribhuwana… serius…”

Sontak sang penerima sms ini mengabarkan berita tersebut kepada Mapala Tribhuwana dan keluarga ketujuh pendaki tersebut. Setelah mendapat berita tersebut Tim SAR Tribhuwana segera mempersiapkan Tim yang akan berangkat melakukan pencarian. Tim tersebut dibagi menjadi 2, yaitu Tim yang menyisir dari Jalur Cidahu dan tim yang menyisir dari Jalur Cimelati.

Tim Berangkat sekitar jam 10 Pagi. Jalur yang lembab dan track yang basah membuat perjalanan menjadi lambat. Dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan Tim SAR tersebut harus beristirahat dan mendirikan tenda.

Di saat yang bersamaan seorang warga sekitar yang bernama Pak Syafei berinisiatif untuk mencari ke tujuh pendaki yang hilang tersebut. Pak Syafei melakukan pencarian seorang diri.

Ketika menyisir lewat Jalur Cidahu Pak Syafei menemukan ada tenda yang sedang berdiri, diduga tenda tersebut adalah tenda dari ke tujuh Mahasiswa Yarsi. Setelah di dekati ternyata mereka adalah Tim SAR yang ikut melakukan pencarian. Tanpa Beristirahat Pak Syafei pun terus melakukan pencarian. Pencarian kali ini adalah menuju puncak dari Gunung Salak, Jalur menuju puncak adalah jalur yang paling membuat frustasi para pendaki. Karena mereka harus melalui 3 bukit terlebih dahulu sebelum mencapai Puncak Gunung Salak. Ketika sedang berada dalam perjalanan menuju puncak Pak Syafei melihat kerumunan pemuda yang sedang berada di sekitar tenda sedang berkumpul. Sebelum mendekat Pak Syafei terlebih dahulu menghitung jumlah pendaki tersebut. Di karenakan satu dari ke tujuh pendaki di duga telah meninggal (maksudnya trias yang telah mencapai puncak sendirian, di duga Trias ke puncak untuk memberikan sms kpd rekannya di Jakarta, di karenakan hampir tidak ada sinyal di sana). Setelah di hitung ternyata mereka berjumlah tujuh orang,, Pak Syafei pun segera mendatangi kerumunan pemuda tersebut. Kurang lebih seperti ini Dialog mereka :

Salah seorang pemuda : Punten pak…

Pak Syafei : (Kaget karena melihat mereka yang sedang membuat sayur sop) Kalian Mahasiswa yang dari yarsi bukan?

Salah seorang pemuda : Iya betul pak…

Pak Syafei : Kalian di beritakan telah hilang, orang tua kalian menunggu di bawah dengan beberapa Tim SAR telah mencari kalian.

Semua Pemuda : Terkejut dan segera Packing untuk turun kebawah.

Pak Syafei : Kalian tunggu disini biar saya memanggil Tim SAR untuk menjemput kalian.

Pak Syafei segera mandatangi Tim Sar yang berada di Jalur Cidahu untuk memberitakan berita bagus ini. Setelahmemberi tahu Pak Syafei lanjut turun ke bawah untuk memberitakan kepada Posko di bawah dan menarik Tim SAR yang berada di jalur cimelati… Tim SAR dari Jalur bersama ke tujuh pendaki akhirnya tiba di Posko sekitar pukul 11 pagi. Mereka semua dalam keadaan sehat dan segar bugar saat menuruni pegunungan salak.

Yang jadi pertanyaan saya kenapa trias mengirimkan sms emergency tersebut kepada rekannya di Jakarta? Gara-gara sms tersebut hampir seluruh orang gempar, bahkan berbagai komunitas pecinta alam berkumpul untuk membantu melakukan pencarian mereka. Mungkin Trias panik dan tak tahu harus berbuat apa di dalam kondisi seperti itu.

Saran saya buat mereka adalah di saat kita memulai sesuatu, persiapkan lah terlebih dulu semua hal yang di butuhkan dengan baik. Seperti membawa logistik lebih, dan mengikuti beberapa prosedur keamanan yang harus dilakukan dalam mendaki. Karena tidak akan ada yang bisa pasti di perhitungkan. Alam tidak akan pernah bisa di tebak.

Thanks to Pak Syafei…. Thanks for The Warrior who save our friend….

Best Regard,



Xentala

<<Back


<<Back

51 Responses to “Tujuh Mahasiswa Yarsi Hilang di Gunung Salak”

  1. indra1082 said

    yah setidak nya ada tindakan penyelamatan awal sebelum terjadi hal2 yg lebih parah lagi…
    Semangat bro…

  2. cutemom16 said

    tapi kan sekarang dah ketemu n miss comm katanya…duh, cuaca buruk gini jgn mcem2 dech..dirumah aja kenapa siy

  3. pengalaman boleh mengajar kita supaya lebih berhati hati2

  4. Mas Indra said

    Pencinta Alam = berani mati, hehehehehe

  5. Rita said

    Laen kali kalo mau pergi2 liat cuaca dulu kalo tidak memungkinkan, lbh baik ditunda dulu aktivitas yang bersentuhan dengan alam “liar”😀. Setelah yakin aman baru dilaksanakan

  6. sepagi aQ nonton berita, udah ketemu tuch, alhamdulillah udah selamat…hehe

  7. tp mudah2an g kapok..hehe..semangat

  8. cenya95 said

    di koran katanya makan daun-daunan.
    disini sop
    kesimpulan ==> daun-daunan + air = sop.:mrgreen:

  9. dr m,sawalludin e said

    tinggi gunung salak brapa;
    gunung salak memiliki tekanan berapa cmhg

  10. xentala said

    yupzzzz. betul mas….
    dan satu lagi yang terpenting bagaimana cara kita bertahan selama mungkin dalam keadaan yang membahayakan seperti itu… untung mereka masih sempet bkin sop ayam…hehehehe

  11. xentala said

    iya mba betul miss communication and miss time for hicking….

  12. xentala said

    gx da yang lebih baik pelajaran selain pelajaran yang udh kita lewati sendiri dan beranjak untuk lebih baik dalam menemui hal2 seperti itu lagi.

  13. xentala said

    kita bukan berani mati mas…hehehehe
    karena mati itu bukan urusan kita…
    kita cuma mau tau semua keindahan yang telah diciptakan tuhan untuk kita…
    dan berusaha untuk menjaga dan melestarikannya, meski banyak orang menganggap yang kita lakukan tuh aneh..
    hobby kox naik gunung..hehehehe

  14. xentala said

    yupz… sbelum kita meakukan sesuatu persiapkan terlebih dahulu semua hal yang di perlukan termasuk mempelajari medan yang akan kita lalui… skarang info2 nya lebih mudah di dapat kan… thanks buat mbah google…
    thanks mba udh mo mampir…
    best regard,
    xentala

  15. xentala said

    iya mba… mereka diketemukan oleh salah satu penduduk di sekitar lereng gunung salak.
    diketemukannya pas lagi asik buat sop ayam lagi…hehehehe

  16. xentala said

    betul mba….
    thanks yah udh mo mampir kesini lagi…

  17. xentala said

    hahahahaha….. bisa aja mas ini…..
    tapi ada ayamnya loh mas… sebenernya mereka cuma panik karena ujan yang gx berhenti turun dsana…
    thanks mas udh kunjung2…
    best regard,

    xentala

  18. xentala said

    salak satu = 2.211 m dpl.
    salak dua = 1.926 m dpl.
    kalo tekanan udaranya kita kurang tau mas..
    tapi klo suhu dsana tuh sekitar 8-20 derajad celcius… cukup dingin dan suhu tersebut cukup stabil.
    thanks ya mas sawalludin udh berkunjung…

    best regard,

    xentala

  19. joe said

    Memang cuacanya sedang tidak bersahabat kok, jadi harus hati2 kayake

  20. xentala said

    iya mas…
    lebih baik di pikir2 dlu klo mo nanjak….
    thanks mas ufh mampir

  21. iqra' said

    salam lestari…
    pertama2 perkenalkan saya Iqra’ (TB.04181131),anggota inti Himapala Tribhuwana Univ.YARSI,dan mahasiswa Universitas YARSI Fakultas Kedokteran angktn 2003.
    disini saya hanya mencoba mengklarifikasi mengenai pendakian yg dilakukan..

    pertama…
    pendakian ini tidak membawa bendera TB maupun YARSI..hanya sekedar cari udara segar karena mereka baru selesai melaksanakan ujian di fakultasnya masing2…
    cuma sekedar informasi,,kalau pendaki yang bernama Trias bukan anggota Himapala Tribhuwana (TB),dia hanya seorang mahasiswa fakultas kedokteran univ.Yarsi..
    sedangkan ke 6 pendaki lainnya adalah anggota TB dan sudah lulus Pendidikan Dasar..
    disini sdh keliatan dimana perbedaannya,mana yg anggota dan mana yg bukan anggota pecinta alam.
    dari yg saya lihat dr ke 6 anggota TB membawa logistik yg sangat mencukupi,bahkan berlebih untuk antisipasi..mereka membawa perbekalan untuk 4hari..sedangkan perbekalan yg dibawa oleh trias memang tidak memenuhi standard pendakian,terlihat dari tas yang digunakan oleh trias hanyalah tas daypack yg biasa digunakan untuk kuliah..gak bs dibilang daypack jg sih sebenarnya..
    sedangkan ke 6 anggota TB yg mendaki masing2 menggunakan carrier.
    dari ukuran tas yg digunakan,saya menarik kesimpulan bahwa trias memang benar kekurangan logistik…tapi hanya trias tok,,bukan team yg kekurangan logistik..
    udah tau kekurangan logistik,kenapa naik k puncak duluan,sendirian pula???
    sementara 6 org yg lain berada jauh dibawah trias yg jalan duluan..kalo gk salah leadernya itu Hengky…kok bisa si trias ini jalan jauh d dpn leader???
    hahahaha…..sungguh perbuatan yg sok tahu!!
    kalau gw jd trias(mudah2an gk kejadian,jijik gw dgr nama trias),gw gak bakal pisah dr tmn2 yg laen karena trias baru 1 kali naik gunung dan perbekalan seadanya..mau gak mau gw harus bergantung sm yg 6 orang laen donk..
    setuju gak??hehehe…
    tp lebih setuju lagi sih kalo gw gw jd trias,mending gw gak ikut deh..kalo cm bawa tas segitu…yg akhirnya menyusahkan semua orang…dikira gampang naek gunung??
    mungkin trias disini bs dikatakan awam mengenai pendakian..karena trias bukan anggota pecinta alam dan diketahui bahwa pendakian ini merupakan yg pertama kali bagi trias selama hidupnya…
    trus,,,mungkin keasikan jalan sendirian k puncak,trias lupa kali kalo dia ke salak ber7…
    dalam keadaan cuaca yg berat,trias panik setelah dia sadar kalo dia sendirian dgn perbekalan yg minim..
    dia mengambil inisiatif utk sms ke keluarganya dan meminta pertolongan tim SAR tanpa meminta izin terlebih dahulu kpd leadernya…
    disitu tertulis bahwa team kekurangan makanan…
    gak habis pikir gw,,kenapa dia berani mengatasnamakan TEAM dalam sms itu..padahal ke6 rekan2 lainnya yg di bawah masih menggunakan carrier yg isinya sangat tidak kekurangan..
    disitulah manajemen panik seorang trias bisa gw bilang sangat buruk!!mgkin karena ini adalah pendakian perdana baginya..
    gara2 sms itu semua kacau!!
    ke6 rekan lainnya awalnya tidak tahu menahu kalo trias ngirim sms..
    wong ber6 baik2 aja kok…blm butuh tim SAR jg…
    akibat sms itu,,semua rekan2 wapalapa pakuan bogor menanggapinya dengan serius…karena si trias jg nulis “ini serius” dlm smsnya..
    kami semua berusaha menghubungi hp team,barangkali ada yg aktif..rekan2 yg ber6 ini kaget setelah tahu kalo trias ngirim pesan untuk meminta bantuan tim SAR…
    gmn gk kaget??ini SAR..di gunung…
    bukan seperti nge SAR nyari orang di 1 RT…ini gunung!!
    ternyata setelah ditelusuri,,si trias ini gak tau apa itu SAR,,dia pikir SAR yg bakal dilakukan adalah menjemput dia seorang diri d puncak gunung salak dan membawa dia plg k rumah…
    hanya dia aja yg di SAR??
    hahahaha….situ siapa??presiden??sembarangan minta jemput…
    jgn sok tahu kalo gak tau apa2!!

    lalu yg mengenai sop ayam..gak usah terlalu dibesar2kan lah…mereka yg mendaki kan gak tau keadaan d bawah kaya gmn…wajar donk,d atas kan gak ada TV,koran,dsb…
    wong niatnya aja naek gunung buat ngilangin stress abis ujian..

    saya pun kritik buat penjaga pos cimelati…
    saya bersama 6 anggota TB lainnya adalah team 1 yg berangkat dr sekretariat TB akan menuju ke sekretariat wapalapa pakuan di bogor…
    dan saya pun team pertama yg sampai di pos cimelati…
    seinget gw,gw nyampe pos hari senin kira jam 9 pagi…
    nanya kpd petugas yg ada disitu,apakah bnr ada 7 org yg mendaki..
    dan ternyata di laporan buku tamu ada nama ke7 orang tersebut..
    yg jadi pertanyaan buat saya…”kok mereka bisa diberikan izin pendakian lewat jalur cimelati??”
    disini petugas tidak konsisten..kalo emg gk boleh lwt sini,gak boleh lwt!!
    ini kok bisa???dibayar brp sih??
    media seakan2 menyalahkan team ini karena lwt jalur ilegal…
    kalo ilegal,kok bisa ada namanya di buku tamu???dan dipersilahkan mendaki??
    bkn berarti team bnr ya…team jg salah krna kekeuh lwt cimelati..

    lalu media menurut saya lebih bayak menyampaikan berita bohong…
    ada yg bilang 1 tewas..ada yg bilang 6 tewas dan 1 orang selamat karena sms(Trias).
    darimana mereka dpt info itu???
    pembohongan publik!!
    wong team SAR aja msh belum menemukan info apa2,,blm ktmu siapa2,tp media ada yg bilang kalo trias sdh ditemukan..
    What??kebohongan apa lagi nih???lo digaji utk bohongin publik,dan bikin panik keluarga pendaki???
    mulai detik ini,saya gak percaya lagi sm yg namanya berita,koran,apalah namanya itu..semua bohong!!
    salut gw buat media yg nulis bgtu…mama lauren aja blm tentu tau…
    ada yg bilang,mereka survive krn makan daun2an…
    hebat euy,,,ngarang abis beritanya…
    persediaan mie msh byk,buat apa mkn daun??

    saya sbgai anggota TB sgt marah mendengar pemberitaan bahwa trias adalah anggota TB jg…
    sejak kpn dia ikut diksar??
    mungkin ntar akan ada “diksar” khusus dr kami buat trias…
    mencoreng nama TB dan Universitas YARSI…

    waaahhh…panjang bgt comment gw y??

    kami atas nama Himapala Tribhuwana univ.YARSI memohon maaf untuk semua pihak yg telah dirugikan akibat ulah biang kerok bernama trias…
    (kok yg namanya trias blm ada permohonan maaf dr dia kpd TB y??)

    dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih yg sebesar2nya kpd smua pihak yg membantu..
    terimakasih banyak Sdr2 Wapalapa Pakuan Bogor,rekan2 dari Wanadri,BASARNAS,dan seluruh saudara mapala se indonesia yg membantu proses pencarian ini,yg terlalu banyak kalau disebutkan satu persatu…
    utk smua warga indonesia yg turut mendoakan…
    semua pihak lah pokoknya..matur nuhun…

    terima kasih…
    mohon maaf kalau ada perkataan saya yg krg berkenan…

    salam lestari…

  22. wah…untung mereka semua ga kenapa2. bikin orang gempar aja…

  23. xentala said

    wah… thanks bgt atas info nya mas…
    saya juga sudah bisa menebak kejadian yabg terjadi setelah hanya 1 orang yang mengirim sms dan memberitahukan dirrinya di puncak… saya sudah menduga bahwa tria s tuh panik… ternyata bner dia masih awam dalam hal mendaki, dan kita sebagai sesama pecinta alam tidak boleh saling menyalahkan atas kejadian seperti ini, kalo toh ada yang dialahkan dalam pendakian tersebut ya mereka semua di salahkan,. semoga kejadian seperti ini bisa semakin mendewasakan pikiran kita, tarik positif nya aja mas. kami percaya kox nak2 Mapala TB adalah mapala yang sudah terorganisir dengan baik dan mengetahui dengan benar prrosedur2 yang harus di taati dalam melakukan hal2 semacam ini.

    best regard,

    xentala

  24. s H a said

    Hmm. . . gunung itu emang indah sekaligus mengerikan. Kaya magnet yang menarik untuk selalu kembali dan menjelajah. Saya jadi khawatir ma orang terdekat saya yang mo ke semeru. hix

  25. xentala said

    betul…
    mba cowonya jgn dsuruh k semeru dulu.. cuacanya lagi gx bagus loh..
    thanks for kunjung2

  26. Hafid Algristian said

    oo…
    ternyata begitu kenyataannya..
    terus terang saya juga baru tau. saya juga sangat awam dan bukan anggota pecinta alam. dalam beberapa kali keberangkatan temen2 KPLA FK UNAIR (http://kpla.blogspot.com/) belum pernah ada seorang pun yang tidak membawa carrier yang segitu gde. malah saya yang sering ngerasani, “ngapain sih, soksokan pake tas gde” haha… maap, maap.
    setelah rekreasi kami ke Sempu Island bersama salah dua anggota KPLA, saya baru tau klo perbekalan cukup adalah salah satu faktor terpenting perjalanan selain kekompakan tim dan pengetahuan akan medan alam. bener2 bodoh kalo ada yang soksokan seperti itu.
    @mas iqra, soal pemberitaan media memang begitu, sukanya melebih-lebihkan. tapi jangan malah ndak baca koran ato ndak liat tipi, lho mas… hehe…
    dari temen2 pecinta alam di kampus, mereka pernah bilang “kekuatan terkuat tim bukan pada orang yang terkuat, tapi pada orang yang terlemah di tim.”

    sukses buat Yarsi dan Himapala Tribhuwana!
    juga para Xentala, dink…😀

    salam aesculap!

  27. hehehehe…..ada ada aja…

  28. rheifania said

    tapi udah ketemu ya???aku ga pernah liat berita sih…jadi ketinggalan deh…hehehehe…habisnya aku ga begitu suka dengan mendaki2 spt itu.takut…..serem bo…mending bikin puisi.hahahahahaha…tapi knapa xentala ga pnah mampir ke blog aku lagi ya…….

  29. maipura said

    hmmm..

    salam lestari…!!!

    buat GIF di side bar itu aku juga gak berapa paham, coba kamu klik pictur COPYSCAPE ditempatku… trus dicopy URL link-nya (diedit-edit aja)…

    di taruh di widget yang text…harusnya sih bisa
    tapi yang jelas kalo gambarnya, gambar kita sendiri…harus disave dulu di WP, ntar dilihat URL-nya atau nama filenya..

  30. maipura said

    eh…
    info buat gunung Cermai dong…

  31. xentala said

    sip mas akan sgera kita posting… maaf neh baru blz kmrin2 lagi puyeng…hehehehhe

  32. hendri said

    Numpang lewat😀

  33. agnessekar said

    Hiking memang hobby yang luar biasa, tidak semua orang mau berlelah-lelah mencari tantangan, bahkan orang awam katakan ngapain mau cari susah dan resiko, tapi disisi lain saya menilai dari sisi jiwa yang tegar, berjuang dan menyatu dengan alam, orang yang berani mengambil resiko, memiliki mental yang tidak pantang menyerah, arti lainnya masih banyak, biasanya orang yang hobbynya hiking selalu memiliki sifat terbuka, apa adanya dan bijaksana, nanti pada kesmpatan lain akan saya uraikan mengapa demikian ?. Sukses untuk Xentala.

    Regards, agnes sekar

  34. Anonymous said

    wat iqra :
    gw ank fhuy 07 senior slh satu ank TB yg DIGOSIPIN ilang di gunung salak. sumpah, gw mpe skrg mw ktawa klo liat trias, bnr2 konyol tu org.. gw dgr critanya ktawa ngakak. salam de wat trias klo ktemu, salam kreasi, whakakakak….

  35. Anonymous said

    o iya tengs wat om yg punya blog

  36. mr. vb said

    yoyoi sama2….. jgn gtu donx… kasian temenya… dinasehatin ja kalo yg dlakuin tuh berbahaya…

  37. han said

    tak banyak orang tau bahwa sesungguhnya ndaki itu menyenangkan,,,,,,,,, tetep smangat,,,,,,,, para pendaki sejati….!!!!!!!!!!!🙂
    karena tak smua brksempatan ndaki gunung…

  38. Hai, dik xentala.
    Aku terharu dengar kisah nyata ini tentunya untuk sang pahlawan.
    Aku jadi ingat kisah sang kancil yang berteriak minta tolong karena ada srigala, yang ternyata itu hanyalah bualannya saja. Saat itu semua datang ingin menolongnya. Tapi karena itu semua adalah bohong maka sontak seluruh penolong kesal di buatnya.
    Saat dia berteriak minta tolong lagi, maka tidak ada orang yang datang untuk menolongnya, maka saat itu juga selesai semua untuknya.

    Aku sih berharap atas kejadian ini gak akan membawa dampak buruk untuk pencinta alam lainnya.

    Btw g mana empangnya? kapan mau panen, aku siap bantu nih.

  39. mr. vb said

    hehehehehhe…Apa kabar neh bu?>?? empang nya lagi di rapihin dlu bu… kmren bru bwt saung… soalnya nak2 lg pd sibuk buat Skripsi dlu neh bu….

  40. ompundaru said

    Crew Xentala.. Apa Kabar? Kok Sepi-sepi aja.. Lagi sibuk pemilu yah?

  41. reza said

    tidak semua yang di media itu benar..
    justru kami di kambing hitamkan oleh media demi menjual berita…
    saya salah satu dari pendaki

  42. ga jelas said

    he3 ada2 aja ya,

    y udah lah ambil hikmah-nya, ambil yg bagus, buang yg jeleknya,

    anggap aja Indonesia emang tempatnya berita aneh2,

    DPR lah, ArIel-Luna lah, sampe mapala2-nya,

    jadiin pelajaran aja buat kedepan, bener gak anak2 yarsi ???

  43. Anonymous said

    ada-ada za….pas gw baca gwketawa geli..hahahaha

  44. What’s up, its nice article concerning media print, we all understand media is a impressive source of data.

  45. I have read so many articles or reviews about the blogger lovers however this paragraph is
    truly a nice post, keep it up.

  46. I’m really impressed with your writing skills and also with the format on your blog. Is that this a paid subject matter or did you modify it your self? Either way stay up the excellent high quality writing, it is uncommon to look a great weblog like this one today..

  47. At this time it sounds like Drupal is the best blogging platform available right
    now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  48. Hello there! This is kind of off topic but I need some guidance from an
    established blog. Is it hard to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m
    thinking about making my own but I’m not sure where to start. Do you have any ideas or suggestions? Appreciate it

  49. Dorthea said

    This is my first time pay a quick visit at here and i am truly happy to read everthing at alone place.

  50. Hi there friends, pleasant post and nice urging commented here,
    I am in fact enjoying by these.

  51. If you want to improve your knowledge simply keep visiting this site and be updated with the most up-to-date news
    posted here.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: