XENTALA

  • Creative Commons License
  • Categories

  • July 2017
    M T W T F S S
    « Apr    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Blog Stats

    • 122,070 hits

Aturan Pendakian Terbaru di Gunung Gede-Pangrango, Wajib Cek Kesehatan di Klinik Resmi

Posted by xentala on July 8, 2017

jalur-pendakian-gunung-gede-pangrango-ditutup-oUBmSj3dlH.jpg

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Jawa Barat mewajibkan calon pendaki untuk mengurus surat keterangan kesehatan di tempat yang telah ditunjuk secara resmi per tanggal 6 Juli 2017.

Tempat tersebut adalah Klinik Edelweis Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran SE.860/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/07.2017 yang diterbitkan tanggal 6 Juli 2017.

Surat tersebut ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Adison.

“Kenapa kita ambil alih? Sering terjadi kecelakaan dalam pendakian. Kecelakaan itu ada kematian, ada yang luka, perlu digotong dan sebagainya. Ternyata naiknya yang bersangkutan itu karena salah satunya itu ada unsur tak sehat,” kata Adison kepada KompasTravel, Jumat (6/7/2017).

Sebelumnya, calon pendaki bisa mengurus surat kesehatan di tempat lain sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk melakukan pendakian dari jauh-jauh hari. Adison menambahkan, saat ini pendaki dihimbau mengecek kesehatan di Klinik Edelweis sebelum memulai pendakian.

“Selama ini surat keterangan sehat itu dari jauh hari sebelum pendakian. Pas hari pendakian itu sudah tak sehat tapi dipaksakan naik. Itu sering terjadi. Surat kesehatan itu jadi tak update lagi,” jelasnya.gede.jpg

Selain itu, pemeriksaan kesehatan sebelum pendakian juga bisa memastikan calon pendaki yang tengah menstruasi. Pasalnya, pihak BBTNGGP seringkali menemukan pendaki wanita yang tak sehat ketika mendaki saat masa menstruasi.

“Contohnya pendaki wanita yang sudah dewasa, haid, tetep akan naik. Bagi yang naik sedang haid, 90 persen itu kena masalah. Saat mens itu keluar darah kotor terus menerus, yang bisa mengurangi daya tahan tubuh. Itu bisa mengakibatkan pingsan. Itu sering kecolong kita. Sekarang tak bisa lagi, kita screening,” tambahnya.

Lewat kebijakan ini, Adison menegaskan pengelolaan surat keterangan kesehatan untuk mendapatkan kepastian kondisi kesehatan calon pendaki. Klinik Edelweis tersebut terletak di dekat Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas. Selama masa soft launching, klinik buka sampai pukul 17.00 WIB.

“Ke depannya, kami akan buka 24 jam. Sedang kami siapkan sumber daya manusianya,” ujar Adison.

 

Sumber : Kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: